Rabu, 05 Desember 2007

APAKAH ANDA TIDUR NGOROK?

laser lipolysis
(foto:lshandik)

Diperkirakan ada 30 juta penduduk Amerika Serikat menderita OSA,singkatan dari Obstructive Sleep Apnea.Dari 30 juta tersebut sebanyak 28 juta tidak terdiagnosa(dan tidak ditangani).
Angka mengenai berapa banyak orang Indonesia menderita OSA belum diketahui.Yang pasti jumlahnya cukup banyak dan ini memerlukan suatu survey yang memerlukan beaya waktu dan tenaga.Bila di Amerika Serikat banyak penderita kegemukan,di kota-kota besar di Indonesia pasti masalah ini telah berkembang.Ini mengakibatkan menjamurnya klinik-klinik obesitas dan pelangsingan termasuk mesotherapy dan sedot lemak .
Bagi yang kegemukan dan berleher pendek cenderung mengalami masalah ngorok,yang saat ini telah menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat,terutama di kota-kota besar yang dipicu oleh pola hidup tidak sehat seperti makanan cepat saji.
Masalah ngorok memang bisa menimbulkan masalah yang peka atau sensitif diantara pasangan-pasangan yang mengalaminya.Namun seyogyanya dibahas baik-baik dan dicarikan solusinya melalui konsultasi pada profesional kesehatan.
Bagi yang mengalami masalah hipertensi ada baiknya mengecek apakah ada masalah ngorok yang bisa ditanyakan pada pasangan tidurnya.
Pengobatan hipertensi jelas tidak cukup hanya dengan mengkomsumsi obat anti-hipertensi,namun harus dikaitkan dengan masalah lain yang mendorong gejala hipertensi seperti stress,kegemukan,pola kepribadian pola makan,gaya hidup dsb.nya.

Tidak ada komentar: