Jumat, 16 November 2007

TERAPI FOTODINAMIK PADA TUMOR GANAS LEHER DAN KEPALA *

L.S.Handikin,SpTHT
R.S.Pelni,Jakarta(lshandik@gmail.com)

Abstrak

Terapi fotodinamik(Photodynamic Therapy) dewasa ini merupakan modalitas baru pengobatan tumor ganas dan lesi pra-kanker daerah leher dan kepala.
Prinsip dasar pengobatan yakni menggunakan zat kimia yang disebut fotosensitizer yang akan diretensi secara selektif pada daerah tumor dan diaktifkan oleh foton sinar laser.
Interaksi foton dengan sel tumor berakibat kerusakan lethal berupa fragmentasi DNA dan terhambatnya sistesis DNA tumor.Berbagai penelitian menunjukkan kerusakan di tingkat membran sel dan mitokondria yang dibuktikan dengan studi mikroskop elektron yang terjadi beberapa menit setelah pemberian PDT.
Pengamatan selanjutnya menunjukkan kerusakan struktur mikrotubuli sehingga menghambat mitosis atau pertumbuhan sel tumor,efek imunomodulasi dan efek vakuler berupa hambatan aliran darah dan atau kerusakan kapiler.
Dewasa ini terapi fotodinamik dilakukan pada tumor ganas daerah leher dan kepala dikaitkan dengan karakteristik modalitas yng bersifat invasif minimal dan selektif pada tumor tanpa merusak jaringan sehat disekitarnya.
Akan dibahas sumber kepustakaan mengenai hasil PDT termasuk kelebihan,hambatan dan efek samping yang terjadi.

*Makalah ini disajikan pada KONAS XII Perhati,27-30 Oktober,1999,Hotel Patra Jasa,Semarang

Tidak ada komentar: