Kamis, 25 Oktober 2007

APLIKASI TEKNOLOGI LASER UNTUK PENYAKIT INFEKSI



Laser atau energi foton telah diaplikasikan pada kasus -kasus sbb:
1.Infeksi otak(ensefalitis) pasca varicella dengan gejala klinis delirium kejang dan kehilangan kesadaran, dengan hasil baik.Pemberian acyclovir merupakan pengobatan utama namun pengobatan penunjang dengan laser memberikan efektivitas penyembuhan sempurna tanpa sekuelae setidaknya sampai saat tulisan ini dibuat.
2.Pengobatan parotitis epidemica yang disertai gejala supurasi,selain pengobatan dengan acyclovir dan antibiotika baik untuk kuman aerobik dan anaerobik memberikan hasil yang cukup memuaskan.Pada kasus ini tindakan insisi abses dilakukan diteruskan dengan penyinaran dengan laser diode tenaga rendah menggunakan teknik scanning.






3.Pengobatan pada kasus diabetes dan stroke disertai penyulit luka kaki diabetik memberikan hasil baik ditandai menghilangnya pembengkakan pada kedua tungkai yang dapat diamati dengan mata telanjang.
Fenomena global dewasa ini dengan adanya "global warming"(pemanasan global) berimplikasi pada meningkatnya penyakit infeksi termasuk virus diseantero dunia.
Keadaan ini dapat diamati pada kasus-kasus yang terjadi dilapangan dimana klinisi berperan menjadi ujung tombak pelayanan kesehatan.
Mutu pelayanan akan terkait dengan teknologi yang dipergunakan dan strategi yang diambil para pengambil keputusan.
Dampak ekonomi yang terkait dengan besarnya beaya penanggulangan mempengaruhi ketahanan nasional suatu bangsa.

Tidak ada komentar: