Sabtu, 24 November 2007

EPIDERMODYSPLASIA VERRUCIFORMIS

Publik selalu tertarik pada penyakit aneh atau jarang.
Suatu penyakit dengan gangguan kekebalan yang melibatkan partikel virus HPV(Human Papilloma Virus) muncul di media.
Pembaca bisa mengakses informasi tentang penyakit ini melalui internet dengan memasukkan kata kunci epidermodysplasia verruciformis pada mesin pencari data Google.Silahkan buka semua website untuk mendapatkan informasi yang anda ingin baca.
Salah satu modalitas yang perlu dipertimbangkan yaitu photodynamic therapy.
Pada saat ini photodynamic therapy atau disingkat PDT telah ada di Bagian THT FKUI dan FK Gajah Mada untuk melengkapi penanganan kasus tumor ganas bidang THT Leher dan Kepala menggunakan fotosensitizer m-THPC.
PDT untuk penyakit degenerasi makula mata ada di Jakarta Eye Center menggunakan fotosensitizer dengan merk dagang Visudyne.
PDT untuk kulit memerlukan fotosensitizer ALA (AlfaLevulinic Acid) yang merupakan prekursor untuk pembentukan Pp IX yang akan menarik energi foton dari laser dan mengakibatkan kerusakan selektif pada sel-sel tidak normal.Penyinaran bisa diulang dengan menggunakan sinar koheren(laser) atau non koheren (misalnya IPL,blue-light).
Saya sendiri mengenal teknologi PDT sejak 1996 namun sayangnya infrastruktur PDT sangat lambat dikembangkan di Indonesia.Mudah-mudahan teknologi PDT bisa segera di akses para pasien di Indonesia sehingga mereka tidak perlu pergi keluar negeri untuk menjalani pengobatan dengan cara ini.

Tidak ada komentar: