Selasa, 22 April 2008

APLIKASI FOTONIKA PADA PELAYANAN KESEHATAN

L.S.Handikin

http://www.laser-med.blogspot.com

http://www.cahayamasadepan.blogspot.com

lshandik@gmail.com

Aplikasi fotonika pada pelayanan kesehatan bersumber dari kemampuan absorbsi foton oleh sel dan selanjutnya jaringan biologik

Karena setiap jaringan biologik merupakan kesatuan dari sejumlah sel yang mempunyai struktur dan fungsi yang sama,maka jasad tubuh manusia dapat dianalogikan dengan suatu rakitan yang sempurna dari berbagai organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda.

Perbedaan struktural dan fungsional organ mengakibatkan perbedaan densitas optik diantara jaringan tersebut.

Hal ini menjadi landasan pemikiran apabila kita mempertimbangkan aplikasi fotonika pada pelayanan kesehatan.

Apabila kita memahami dasar -dasar interaksi laser(foton) dengan jaringan,maka kemungkinan aplikasi fotonika(baca:laser) pada pelbagai jaringan menjadi luas tak terbatas dan tergantung pada imajinasi kita.

Pada tingkat aplikasi dipersyaratkan suatu laboratorium ketrampilan (skill lab) untuk melakukan uji coba klinik dimana operator laser dapat memanfaatkan standar peralatan, pengoperasian dan prosedural aplikasi laser..

Dengan cara ini operator dikenalkan dengan prosedur standar aplikasi termasuk keamanan aplikasi laser.

Aktivitas dari aplikasi fotonika pada pelayanan kesehatan dapat dikategorikan pada usaha deteksi dini(photodiagnosis) dan pengobatan (phototherapy) yang bersifat diagnosis dan pengobatan klinis.yang selanjutnya dapat diperluas menjadi usaha rehabilitasi medik dan pencegahan penyakit( misalnya pada penyakit metabolik diabetes mellitus)

Komplikasi penyakit diabetes mellitus pada retina berupa retinopathia diabetica dan pada kaki berupa diabetic ulcer dapat diupayakan penanggulangannya melalui terapi laser.

Dewasa ini aplikasi fotonika pada pelayanan kesehatan sudah demikian luas terutama menyangkut kedokteran estetika dan anti-aging medicine.

Aplikasi yang bermakna klinis antara lain pengobatan penyakit/komplikasi vaskular (stroke,jantung koroner) dan kanker (photodynamic diagnosis dan photodynamic therapy)

Pembicara menyampaikan kilasan dari aplikasi klinis fotonika pada bidang medik/pelayanan kesehatan.

(Makalah disampaikan pada Workshop dan Seminar Nasional Aplikasi Fotonika 2008(SNAF-08) di Surabaya,24-25 April 2008

Diselenggarakan oleh Panitia SNAF-2008 Laboratorium Rekayasa Fotonika,Jurusan Teknik Fisika,Fakultas Teknologi Industri,Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Tidak ada komentar: