Jumat, 30 Mei 2008

TANAMAN OBAT DI HALAMAN RUMAH





Postingan kali ini mencoba menampilkan beberapa tanaman obat yang ada di halaman rumah saya.
Yang saya perkenalkan pertama kali yaitu yang paling senior yaitu pohon kelapa.
Air kelapa bukan hanya obat dahaga tetapi setara dengan cairan infus untuk pasien yang kekurangan elektrolit.
Batok kelapa yang dibakar untuk perut yang berontak karena diarhea.(Bisa diperpanjang lagi daftar manfaatnya)
Tanaman yang kedua yang saya perkenalkan adalah pohon pace yang buahnya suka saya bikin juice.
Daun pace yang masih muda bisa jadi pelengkap urap-urap,lumayan untuk hidangan makan siang.
Tanaman ketiga yang saya perkenalkan ialah pohon saga,yang daunnya dipergunakan untuk obat batuk.Semua staf rumah tangga saya mengangguk tanda memahami khasiat tanaman ini.
Tanaman berkhasiat obat yang paling muda umurnya ialah sirih yang mulai merambat di tiang jalan masuk depan rumah.
Seringkali saya temukan sudah nangkring dihidung pasien saya yang mimisan.Mohon maaf gambar-gambarnya belum sempat saya upload.

Tidak ada komentar: