Sabtu, 05 Juli 2008

BERKENALAN DENGAN JAMES RAMSAY HUNT


Ramsay Hunt atau lengkapnya James Ramsay Hunt adalah seorang dokter lulusan School of Medicine, University of Pensylvania tahun 1893 atau 115 tahun yang lalu.
Setelah belajar di Eropa(Paris,Wina dan Berlin) ia kembali ke New York dan bekerja sebagai dokter konsulen ahli syaraf di beberapa rumah sakit di New York.
Wilayah Pensylvania kembali dalam ingatan pada teman satu angkatan (FKUI,1968)yaitu almarhum Maulana Mardayat,seorang ahli bedah syaraf lulusan New York,yang kemudian bekerja di daerah Pensylvania.(Kami sekeluarga sempat menjelajahi wilayah Pensylvania setelah saya menyelesaikan presentasi di Pittsburgh.)
Foto postingan kali ini menunjukkan kasus sindroma Ramsay Hunt yang sedang menjalani pengobatan laser tenaga rendah yang dilengkapi teknologi scanner untuk mendistribusikan foton pada lesi akibat virus herpes yang menyerang syaraf otak ke-VII.
Pasien mengalami masalah pada telinga(suara mendenging,gangguan pendengaran,nyeri hebat telinga,pembentukan gelembung pada liang dan daun telinga,vertigo).
Standar pengobatan adalah pemberian obat anti-virus,anti-inflamasi,steroid dan anti-nyeri.
Bantuan pengobatan laser memberikan manfaat yang sangat bermakna.

Tidak ada komentar: