Selasa, 08 Juli 2008

KECANDUAN KOMPUTER?


Penggunaan komputer dan telpon genggam tidak bisa dilepaskan dari gaya hidup masa kini dan masa depan.
Banyak sisi positif dari kemajuan teknologi informatika dan komunikasi,namun perlu juga kita waspadai sisi negatif yang mungkin terjadi.
Dari sisi kesehatan,penggunaan perangkat kerja komputer yang berlebihan bisa mengakibatkan gangguan pada permukaan badan seperti kulit,demikian pula pada jaringan lunak,otot,tendon,syaraf dan sendi kita.Dampaknya bisa mempengaruhi mata,telinga ,dan organ lain termasuk jari jari dan tangan kita yang harus menanggung beban kerja yang berlebihan dan berulang-ulang .Ditambah dengan posisi duduk yang tidak ergonomis bisa mempengaruhi kondisi mata,kepala,leher,lengan , bahu dan punggung kita .
Hasilnya timbul gejala-gejala seperti pegal,kesemutan,nyeri pada jari,tangan,lengan,bahu atau punggung.
Apabila tidak ada usaha menanggulangi dan mencegahnya maka akan mengurangi/ mempengaruhi kualitas kerja dan kualitas hidup kita.
Gejala-gejala yang terjadi secara umum dikelompokkan pada Repetitive Strain Injuries(RSI) yang pada saat ini sudah menjadi masalah kesehatan masyarakat yang luas.
Sebagian kecil dari kasus-kasus memerlukan pertolongan pembedahan.
Pada kasus kasus lain pengobatan menggunakan obat NSAID(Non Steroid Anti- Inflammatory Drugs)
cukup menolong.
Untuk menghindari pembedahan dan efek samping penggunaan obat anti-inflamasi bisa dipertimbangkan penggunaan laser tenaga rendah(low power laser) yang cukup aman dan efektif.
Cara pengobatan laser tenaga rendah untuk sindroma terowongan Carpal ini telah diteliti di Departemen Rehabilitasi Medik FKUI/RSCM,Jakarta dengan hasil baik.(Dr.Hamidah Fadil dkk).
Federal Drugs Administration(FDA) telah memberikan lampu hijau pada aplikasi laser tenaga rendah untuk pengobatan sindroma terowongan carpal(Carpal Tunnel Syndrome) ini.

2 komentar:

Jemiro mengatakan...

teknologi makin berkembang, tentunya resiko akan semakin ditekan, tetapi jangan sampai "disalahgunakan", semoga teknologi masa depan dapat membantu kita semua.

Jemiro mengatakan...

teknologi makin berkembang, tentunya resiko akan semakin ditekan, tetapi jangan sampai "disalahgunakan", semoga teknologi masa depan dapat membantu kita semua.